Cara Download dan Print Out SPTJM Absen DHGTK Online Versi 2018 V2

Di akhir bulan september 2018, admin pusat  meluncurkan Daftar Hadir Guru Dan Tenaga Kependidikan (DHGTK) versi baru. Antar mukanya berbeda dengan versi lama dengan susunan menu berada di sebelah kiri. Versi baru ini sebenarnya lebih cocok untuk sekolah-sekolah yang sudah menggunakan absen kehadiran  Finger Print. Namun untuk yang masih belum memakai finger print, masih juga bisa menggunakan aplikasi versi ini.

Adapun cara membuka aplikasi DHGTK versi 2018 V2 dan cara memprint out SPTJM DHGTK online akan admin jelaskan langkah-langkahnya di bawah ini dengan jelas. Bagi yang masih bingung, silahkan simak penjelasannya.

1. Masuk ke alamat : http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/v.2/  . Isi NPSN sekolah anda, User id dan password dapodik serta masukan kode yang terlihat pada kolom di bawahnya dengan benar. Klik sign in.
2, Inilah antar muka DHGTK Versi 2018 V2 ' Ada beberapa menu diantaranya : Dashboard, Kelengkapan Sekolah, Laporan, Logout.
3. Sekarang kita buka menu kelengkapan sekolah. Di sana ada beberapa sub menu seperti terlihat di gambar di bawah ini.  
4. Ijin Pegawai digunakan mengentri surat ijin atau surat sakit bagi pegawai yang tidak bisa hadir di tanggal tertentu.
5. Sub menu Operasional sekolah untuk mengisi  waktu penyelenggara sekolah, hari libur kerja, jam kerja , jam istirahat.
6. Sub Menu Kalender pendidikan berisi kalender pendidikan selama satu semester

7. Sub Menu entri kehadiran digunakan untuk mengisi kehadiran secara mmanual bagi sekolah yang belum menggunakan fingerprint. Untuk mengisi data kehadiran manual, pilih duu bulan yang akan diisi data kehadirannya, kemudian klik tanggalnya dan klik tanda bulat putih di sebelah kanan nama PTK sehingga berubah enjadi wrna hijau.
8. Sub Menu SPTJM digunakan untuk memprint out atau mendownload SPTJM. Untuk memprint out / mendownload SPTJM, langkah pertama adalah pilih dulu bulan yang akan di print out/di download, keudian isi identitas kepala sekolah secara lengkap dari mulai mengisi penanggung jawab, NIP,Tempat lahir dst..
9. Selanjutnya cek data kehadiran  guru di format SPTJM. Jika masih ada yang salah perbaiki dulu. Jika sudah benar klik download. Format SPTJM akan muncul di halaman lain. SPTJM Bisa langsung di print atau di download dulu.
10. Di menu laporan kita bisa melihat rekap kehadiran PTK secara harian atau bulanan. Sebelum mencetak SPTJM, sebaiknya cek dulu rekap kehadiran di menu ini.
11. JIka sudah selesai, klik log out. 

12. Demikianlah cara cetak SPTJM Absen online di versi terbaru. Namun karena masih baru, peralihan/sinkronisasi dari DHGTK lama ke yang baru belum normal. Selain terdapat beberapa pengisian data yang tidak dapat tersimpan, seperti waktu operasional sekolah yang defaultnya lima hari kerja. Jika diubah menjadi 6 tidakbisa tersimpan dan banyak lagi yang lainnya.

Comments :

  1. mo nanya nh low misalkan daftar gurur tidak muncul di dhgtk bagaimana mengatasinnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tambah secara manual di dhgtk dengan menu tambah guru. Tapi data guru harus sudah masuk di dapodik.

      Delete
  2. Jika salah mengisi absen di tanggal merah bagaimana mengatasinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah, tidak bisa diperbaiki. Saya juga sering begitu.,,harusnya bulan tersebut 25 hari efektif, tapi karena tanggal merah diiisi jadi 26. Kalau ada pemberkasan, print outnya saya edit saja....selama ini alhamdulillah lancar-lancar saja.

      Delete

Post a Comment