Cara Mencari Titik koordinat Rumah Guru Dan Siswa Di Ponsel Android Untuk Dapodik 2019

Mulai semester 2 Tahun Ajaran 2018/2019 admin Dapodik pusat mewajibkan pengisian titik koordinat guru dan siswa di Dapodik sekolah.  Hal ini terlihat pada penjelasan di menu validasi untuk peserta didik. Disana ada warning yang berbunyi: Peserta didik a.n..............harap mengisi titik koordinat dengan benar. Dikarenakan untuk semester depan (2018/2019 genap) akan diinvalidkan.

Ini adalah tugas yang berat bagi operator sekolah, terutama operator SD. Bukan berat dalam mengentri ke dalam dapodiknya, namun pekerjaan mencari titik koordinat peserta didik yang perlu dipikirkan caranya. Menyuruh siswa atau orangtua siswa mencari sendiri titik koordinat rumahnya bukanlah hal yang mudah. Tidak semua orangtua siswa terutama di pedesaan melek tehnologi. Namun meskipun agak mustahil, hal tersebut perlu dicoba. Barangkali ada sebagain siswa/orangtua siswa yang mampu menentukan titik koordinat rumahnya sendiri. Untuk yang tidak mampu, maka operator harus turun tangan.

Untuk mencari  titik koordinat rumah peserta didik sebenarnya tidak susah jika sudah tahu caranya. Bisa dilakukan sendiri oleh siswa/orangtua siswa atau operator sekolah. Jika akan menugaskan siswa untuk mencari titik koordinat rumahnya sendiri, operator sebaiknya memberikan tehnik atau cara penentuan titik koordinat dengan benar. Jika masih bingung, admin akan menjelaskan cara mencari titik koordinat suatu tempat secara mandiri dengan menggunakan HP Android.

1. Sediakan HP android yang sudah terinstal aplikasi Google Maps. Jika belum, instal dulu Google Maps dari Googe Plays. Pastikan juga kuota internet masih ada.

2. Aktifkan  penanda lokasi (GPS) di pengaturan HP.
3. Buka aplikasi Google Maps. Setelah google maps terbuka tekan tiga garis yang berada di sebelah kiri kotak telusur google maps untuk membuka pengaturan. Pilih Satelit.
4. Kembalikan tampilan google maps ke semula dengan menekan tombol kembali. Didalam peta akan nampak lingkaran berwarna biru yang posisinya ada disekitar lokasi tempat kita membuka ponsel. Jika posisi lingkaran belum menunjukan rumah kita dengan benar, coba berpindah posisi untuk mencari sinyal yang lebih kuat. Jika sudah tepat, perbesar tampilan peta agar  lokasi rumah dapat dipilih dengan benar. Jika sudah merasa yakin posisnya sudah tepat, tekan agak lama sampai muncul noktah merah di lokasi rumah yang ingin diketahui lokasi titik koordinatnya. Selanjutnya geser tulisan pin dipasang ke atas sehingga muncul titik koordinat . Catat titik koordinat tersebut dan serahkan ke operator dapodik untuk dimasukan ke dapodik

Comments :

  1. Terima kasih juga atas kunjungannya......

    ReplyDelete
  2. Kak kok di saya tidak ada kata satelit ya? Adanya setelah linimasa anda - kontribusi anda - pesan - bagi lokasi - mulai mengemudi

    ReplyDelete

Post a Comment