Cara Mudah Mencari Sinyal Trans TV ,Trans 7 dan ANTV di Satelit Telkom 3s

Sejak hari Jum`at tanggal 25 Agustus 2017 sinyal saluran televisi Trans TV, Trans 7 , ANTV, TVRI Jambi, TVRI Aceh, RTTL (Timor Leste) hilang dari peredaran. Hal itu merupakan imbas dari gangguan yang menimpa satelit Telkom 1. Sebagaimana diketahui bahwa saluran televisi yang disebutkan di atas semuanya berlangganan transponder dari satelit Telkom 1 milik perusahaan telekomunikasi Telkom Indonesia. 

Pada awalnya PT Telkom selaku pemilik satelit Telkom 1 berjanji akan secepatnya memfungsikan kembali satelit Telkom 1 sehingga seluruh siaran televisi dapat on kembali. Namun pada kenyataannya, satelit Telkom 1 ternyata rusak dan tidak bisa digunakan lagi sehingga Telkom akhirnya memindahkan seluruh channel pelanggannya ke satelit Telkom 3s.

Baca juga : Cara Memperoleh Token Gratis PLN

Karena posisi yang berbeda ( Telkom 1 menempati posisi 108.2°E (BT) sementara itu untuk Telkom 3S berada pada posisi 118°E (BT)), maka untuk bisa mendapatkan kembali sinyal Trans TV, Trans 7 dll, maka pemilik televisi yang menggunakan parabola harus sedikit mengubah setelan receiver dan arah parabola agar sinyal televisi dapat ditangkap dengan baik. 

Bagi yang ingin mendapatkan kembali sinyal televisi yang berada di satelit Telkom 3 secara mandiri (mengerjakan sendiri tanpa bantuan tehnisi) silahkan ikuti langkah-langkahnya di bawah ini. Semua langkah yang ditulis sudah dipraktekan sendiri oleh penulis.  Adapun parabola yang dimiliki penulis adalah parabola 2 LNB dengan dua receiver.

Inilah langkah-langkahnya;

Pertama, ubah dahulu nama satelit di receiver dari telkom 1 menjadi telkom 3s (Tidak diubah pun tak apa-apa sebenarnya). Jika menggunakan Receiver Tanaka caranya, klik menu, pilih menu instalasi (menu kedua dari atas), pilih daftar satelit, pilih Telkom 1, klik tombol warna merah (ubah)



Kedua, tukarkan switch port LNB pada receiver. Jika parabola menggunakan 2 LNB yang digunakan untuk dua receiver atau lebih pasti menggunakan Disecq  2X1 atau 4x1. Lihat dulu port yang digunakan masing-masing satelit. Caranya (jika menggunakan Tanaka) : klik menu, pilih menu instalasi (menu kedua dari atas), pilih pengaturan antena. Lihat port yang digunakan satelit Palapa dan satelit Telkom. Selanjutnya tukarkan port yang digunakan. Misal jika awalnya Palapa penggunakan Port 1 dan Telkom menggunakan port 2, ubah menjadi Palapa Port 2 dan Telkom Port 1. Jika Palapa awalnya menggunaakan port 3 dan Telkom menggunakan port 2 ubah menjadi Palapa port 2 dan telkom port 3.

Jika yang digunakan switch 22K on/of (biasanya parabola 2 lnb dengan satu receiver), ubah atau tukar pengaturn on/ofnya. Misal jika awalnya Palapa statusnya 22K on dan Telkom 22K of, balik pengaturannya menjadi Palapa 22K of dan Telkom 22k on.

Ketiga, jika pengaturan di receiver sudah disesuaikan, sekarang pilih salah satu chanel televisi yang ada di satelit palapa. Misalnya siaran RCTI. Munculkan info sinyal untuk siaran RCTI. Untuk lebih efektifnya tracking satelit, sebaiknya siaran televisi harus dapat dilihat dari lokasi tempat parabola berada sehingga perubahan sinyal dapat terlihat. Jika tidak, maka harus ada orang yang memperhatikan sinyal televisi sementara orang satunya lagi mengubah arah parabola.


Keempat, saatnya untuk mengubah arah parabola. Tidak banyak yang harus dilakukan. Hanya perlu sedikit menurunkan piringan parabola sebelah timur. Caranya dengan menaikan sedikit demi sedikit tiang penyangga yang posisinya ada di sebelah barat parabola. Naikan tiang penyangga sambil melihat sinyal televisi. Jika sudah mendapatkan sinyal yang baik kunci kembali penyangga parabola sehingga posisinya tidak berubah kembali. (Berdasarkan pengalaman penulis, hanya perlu menaikan tiang penyangga 1 cm lebih sampai mendapatkan posisi sinyal yang baik).
Sumber: http://www.satelitmania.com/2017/08/cara-mencari-satelit-telkom-3s-dan-palapa-d.html
Jika semua sinyal di satelit palapa dapat tertangkap dengan baik, saatnya mencari sinyal televisi di satelit telkom 3. Lakukan pencarian sinyal televisi secara otomatis di receiver untuk satelit Telkom 3. Pengalaman penulis, jika sinyal televisi di satelit Palapa tertangkap secara maksimal (bagus), secara otomatis, sinyal televisi di Telkom 3s juga akan tertangkap dengan baik.

Selesailah pencarian sinyal televisi untuk satelit Telkom 3s.  Selanjutnya jika anda memiliki dua receiver atau lebih, lakukan pertukaran port sebagaimana telah dilakukan pada receiver pertama, karena jika tidak maka seluruh siaran televisi  baik dari Palapa maupun Telkom 3s tidak akan muncul.

Catatan : 

1. Sebelum menaikan tiang penyangga parabola, sebaiknya di sebelah atas penjepit/penguat tiang penyangga tandai dulu dengan spidol atau gergaji besi . Ini untuk berjaga-jaga, seandainya pencarian sinyal Telkom 3s gagal, kita bisa kembalian parabola ke posisi awal dengan tepat. Kemudian ubah pula pengaturan switch port di receiver kembali ke awal sebelum dilakukan perubahan. 

2. Pertukaran pengaturan switch disecq perlu dilakukan karena adanya perubahan posisi satelit. Awalnya posisi satelit (dari barat ke tumur)  adalah satelit Telkom 1 ( 108,2° E (BT) -Satelit Palapa (113.° E (BT). Sekarang posisinya menjadi satelit Palapa(113.° E (BT) - satelit telkom 3s (118,2° E (BT)). Perpindahan satelit berpengaruh pada penempatan LNB . Awalnya LNB satelit palapa berada di sebelah barat baru kemudian LNB satelit telkom. Sekarang berubah jadi LNB untuk satelit Telkom di sebelah barat dan LNB untuk satelit Palapa di sebelah timur.  Mengapa satelit yang berada di timur LNBnya berada di sebelah barat. Ini sesuai dengan hukum pemantulan. Perhatikan gambar di bawah ini
Posisi satelit sebelum telkom 1 hilang/rusak
  1. Posisi satelit setelah telkom 1 diganti telkom3s

Trans TV dan Trans 7 Pindah Ke Telkom 4

Sejak  tanggal 7 Januari, 2019 channel Trans TV dan Trans 7 resmi hilang dari transponder di Telkom 3S.  Hilangnya Chanel Trans TV dan Trans  7 disebabkan oleh berpindahnya chanel televisi Trans TV dan Trans 7 dari satelit Telkom 3S ke Telkom 4. Selain Trans TV dan Trans 7, ANTV, TVRI, TVRI Papua, MTA dan beberapa chanel televisi lainnya juga telah ada di Telkom 4.  Menurut informasi , pada ahirnya semua chanel televisi yang semula menggunakan Telkom 3S akan berpindah ke telkom 4.

Lantas apa yang harus dilakukan agar sinyal Trans TV dan Trans 7 dapat kembali tertangkap parabola? Karena posisi Telkom 4 berbeda dengan Telkom 3S, maka kita harus mengarahkan ulanga (Tracking) parabola  agar sinyal dari Telkom 4 tertangkap. 

Berdasarkan informasi, posisi satelit Telkom 4 orbitnya menempati tempat satelit Telkom 1 di posisi  ( 108,2° E (BT). Artinya jika ingin menangkap sinyal satelit Telkom 4 maka pengaturan receiver dan antene parabola harus dikembalikan ke posisi ketika satelit Telkom 1 masih aktif. Jika ingin mencoba melakukan tracking parabola untuk mencari sinyal Trans TV dan Trans 7 dapat membaca artikel di bawah ini: 

Comments :

  1. sudah saya naik dari tiang tetap tidak bisa dapat satelit telkom 3s gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sinyal dari satelit Palapa nya sudah didapat belum? Hrusnya kalau sinyal palapa tertangkap untuk telkom 3s juga harus bisa.

      Delete
  2. Makasih artikelnya Mas, sangat bermanfaat,,,

    ReplyDelete
  3. ga ada tutor video nya
    jd agak susah

    ReplyDelete
  4. Makasih atas infonya
    bang chanelnya udah bisa

    ReplyDelete
  5. Kalau saya belum bisa
    Mohon ada pengarahan nya kembali

    ReplyDelete
  6. Paling ribet nyari Telkom 3S,udH putar ats bawah tetep....pas bisa pas istirahat itu sinyL nongol sendiri mungkin tuh parabola tau kali saya nyRi dr sore mpe mao magrib pas istirhat tuh sinyal nongkol langsung aja saya kunci biar kuat alahasil senAng bisa liat trans tv dan kawan"nya

    ReplyDelete
  7. Untuk chanel trans tv nya nampak dgn jelas,tp untuk trans 7 dsn Antv gak ada sinyal, apakah solusinya sama dgn yg di atas,, mohon pencerahannya.thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trans tv, trans 7, antv satelitnya sama telkom 3s. Coba naikan atau turunkan dari posisi tadi (trans tv)sedikit demi sedikit sampai sinyal trans 7 ada

      Delete
  8. Satelit telkom 3S udah d tambah,sinyalnya kuat
    Tapi siaran tras tv,tras7,antv ngk ad

    ReplyDelete
  9. Tanpa utak atik satelit parabola langsung bisa
    Maksih solusi nya

    ReplyDelete
  10. Trans tv ilang gmna ya,udah sgla cara tpi tetep ga bsa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Frekwensinya berubah, silahkan diubah dengan cara di scan otomatis atau diubah secara manual.

      Delete
  11. Trans tv yg ilang gmns ya,udh sgla cra tpi tetep ga bsa

    ReplyDelete
  12. trans tv ilang..diubah frekuensi berapa gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut informasi, hilangnya chanel trans 7 dan trans tv disebabkan chanelnya pindah ke telkom 4. Jadi posisi parabola harus disesuaikan kembali.

      Delete
  13. Replies
    1. Harusnya jika trans TV ada, Trans 7 , ANTV juga ada.

      Delete
  14. Kalau tanaka itu parabolanya tinggal hapus siaran televisi trans 7.trans tv dan antv.lalu scan otomatis di jaringan telkom punya ibu saya langsung ada siaran televisi tersebut.daerah wado sumedang

    ReplyDelete
  15. Min kalau untuk matrix mpeg2 burger gimana. .Apakah sama cranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara tehnis sama, mungkin cuma beda pada langkah2 di receiver karena kadang menunya berbeda.

      Delete
  16. Saya pake mp4 sinyalnya ada tapi chanel antv trans tv sama trans 7 kok ndak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Parabolanya masih posisi lama atau sudah disesuaikan dengan posisi terbaru? Jika masih posisi lama, posisi parabola harus diubah karena Tran TV ,Trans 7 dan ANTV sudah berpindah ke telkom 4

      Delete
    2. Parabolanya masih posisi lama atau sudah disesuaikan dengan posisi terbaru? Jika masih posisi lama, posisi parabola harus diubah karena Tran TV ,Trans 7 dan ANTV sudah berpindah ke telkom 4

      Delete
  17. klu palapa dapat sinyal tapi telkom gak dpt bagaimana solusiny.

    ReplyDelete
  18. bagaimana ya gan saya udah coba malah tetap nemunya MNCTV RCTI GLOBAL TV INDOSIAR SCTV DLL

    ReplyDelete
  19. Gan siaran RCTI kadang ada siaran kadang ulang gmn gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Admin juga kurang faham. Akhir-akhir ini siaran RCTI sering tidak muncul, padahal sinyal bagus.

      Delete

Post a Comment