Panduan Instalasi Dapodikdas Versi 4.1.0 Tahun 2016

Di pertengahan Bulan Januari 2016 pengelola Dapodik Kemdikbud merilis versi terbaru Dapodikdas V4.1.0  untuk SD, SMP dan SLB  untuk semester genap tahun pelajaran 2015/2016.

Dengan hadirnya Dapodikdas Versi 4.1.0 diharapkan operator sekolah segera memutakhirkan data sekolah dan mengirimkan datanya ke pusat paling lambat tanggal 29 Februari 2016. Semua sekolah yang bernaung di Kemdikbud diwajibkan melakukan pemutakhiran data melalui Dapodik. 

Aplikasi dapodik V.4.1.0  memiliki database yang berbeda dengan aplikasi dapodik sebelumnya. Oleh karena itu untuk menginstal Dapodik V.4.1.0 sebelumnya harus menguninstal/menghapus dulu aplikasi dapodik versi sebelumnya yang ada di laptop/komputer.

Adapun langkah-langkah instalasi Dapodikdas V.4.10  sebagaimana tercantum dalam buku manual dapodik adalah sebagai berikut :

1. Download installer dapodikdas V.4.1.0 dan prefillnya di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan. ( installer dapodikdas V.4.1.0  ukurannya 41,3 MB)
2. Uninstal dulu dapodik versi sebelumnya 
3. Simpan preffil dapodik yang telah didownload tadi di Local Disc C. Simpan dalam folder yang diberi nama prefill_dapodik.

4. Buka installer dapodik dan instal dapodik V.4.1.0 sampai selesai. Setelah selesai lanjutkan dengan registrasi ulang. Setelah selesai cobalah untuk login ke dapodik terbaru. Di halaman beranda sebelum mengisi data lakukan refres/reload dulu dengan menekan tombol ctrl dan F5 secara bersamaan.


Comments :

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Post a Comment