Cara Mudah Mencari Sinyal Trans TV, Trans 7 Dan TV Lain Di Satelit Telkom 4

Mulai tanggal 7 Januari 2019, pengguna parabola tidak lagi dapat menangkap sinyal Trans TV dan Trans 7 sehingga secara otomatis kedua saluran televisi tersebut menghilang dari layar televisi. Penyebab hilangnya kedua saluran televisi tersebut dikarenakan berpindahnya chanel Trans TV dan Trans 7 ke satelit Telkom 4. 

Mengapa Trans TV dan Trans 7 Berpindah satelit? Ini dikarenakan sejak awal perpindahan chanel televisi dari telkom 1 ( karena rusak) ke Telkom 3S hanyalah sebagai solusi sementara sebelum ada satelit Telkom baru diluncurkan. Telkom 3S hanya tempat persinggahan sementara chanel televisi langganan Telkom sebelum Telkom 4 meluncur ke angkasa.

Selain Trans TV dan Trans 7, ANTV, TVRI, TVRI Papua, MTA, juga telah ada di satelit Telkom 4. Sedangkan TVRI Kaltim, TVRI Aceh, TVRI Jambi, RTTL  saat ini masih berada di satelit Telkom 3S. Namun dipastikan semua chanel tersebut suatu saat akan berpindah ke Telkom 4.

Tracking Sinyal Trans 7 Dan Trans TV di Telkom 4

Menurut informasi, posisi satelit Telkom 4 orbitnya menempati orbit satelit Telkom 1 yang telah rusak dan keluar dari posisinya. Dengan demikian, agar parabola bisa menerima sinyal dari satelit Telkom 4, maka pengaturan parabola dan receivar harus dikembalikan sebagaimana dulu  ketika chanel Trans TV dan kawan-kawan masih menempati satelit Telkom 1.


Bagi yang ingin mengerjakan sendiri tracking parabola/ mengubah arah parabola untuk mencari sinyal Trans TV dan Trans 7, kegiatan ini tidak terlalu sulit. Prosesnya adalah kebalikan dari proses tracking satelit Telkom 3S sebagaimana telah diuraikan di postingan terdahulu (Cara Mudah Mencari Sinyal Trans 7 Dan Trans TV di Telkom 3S).  Supaya lebih jelas langkah-langkahnya akan diuraikan di bawah ini.

1. Pertama, ubah dahulu nama satelit di receiver dari telkom 3S menjadi telkom 4. Jika menggunakan Receiver Tanaka caranya, klik menu, pilih menu instalasi , pilih daftar satelit, pilih Telkom 3S, klik tombol ubah yang posisinya ada di sebelah bawah (untuk tipe atau merk receiver lain mungkin agak sedikit berbeda langkahnya, silahkan ikuti sesuai receiver yang dipakai).

2. Tukarkan switch port LNB pada receiver. Jika parabola menggunakan 2 LNB yang digunakan untuk dua receiver atau lebih pasti menggunakan Disecq  2X1 atau 4x1. Lihat dulu port yang digunakan masing-masing satelit. Caranya  : klik menu, pilih menu instalasi, pilih daftar satelit. Lihat port yang digunakan satelit Palapa dan satelit Telkom. Selanjutnya tukarkan port yang digunakan. Misal jika awalnya Palapa penggunakan Port 1 dan Telkom menggunakan port 2, ubah menjadi Palapa Port 2 dan Telkom Port 1. Jika Palapa awalnya menggunakan port 3 dan Telkom menggunakan port 2 ubah menjadi Palapa port 2 dan telkom port 3.

Jika yang digunakan switch 22K on/of (biasanya parabola 2 lnb dengan satu receiver), ubah atau tukar pengaturn on/ofnya. Misal jika awalnya Palapa statusnya 22K on dan Telkom 22K of, balik pengaturannya menjadi Palapa 22K of dan Telkom 22k on.

3. Jika pengaturan di receiver sudah disesuaikan, sekarang pilih salah satu chanel televisi yang ada di satelit palapa. Misalnya siaran RCTI. Munculkan info sinyal untuk siaran RCTI. Untuk lebih efektifnya tracking satelit, sebaiknya siaran televisi harus dapat dilihat dari lokasi tempat parabola berada sehingga perubahan sinyal dapat terlihat. Jika tidak, maka harus ada orang yang memperhatikan sinyal televisi sementara orang satunya lagi mengubah arah parabola.

4. Saatnya untuk mengubah arah parabola. Tidak banyak yang harus dilakukan. Hanya perlu sedikit menurunkan piringan parabola ke sebelah Barat. Caranya dengan menurunkan sedikit demi sedikit tiang penyangga yang posisinya ada di sebelah barat parabola. Turunkan tiang penyangga sambil melihat sinyal televisi. Jika sudah mendapatkan sinyal yang baik kunci kembali penyangga parabola sehingga posisinya tidak berubah kembali. (Berdasarkan pengalaman penulis, hanya perlu menurunkan tiang penyangga 1 cm lebih untuk mendapatkan posisi sinyal yang baik). Jika penyangganya tidak berada di sebelah barat tetapi di sebelah timur, maka tiang penyangga harus dinaikan sedikit demi sedikit sampai mendapatkan sinyal yang bagus. 

5. Jika sinyal masih kurang baik, coba juga turunkan sedikit arah utara parabola dengan menaikan tiang penyangga/pengatur arah utara selatan parabola lebih kurang 1 cm atau sesuai keperluan.



6. Jika semua sinyal di satelit palapa dapat tertangkap dengan baik, saatnya mencari sinyal televisi di satelit telkom 4. Lakukan pencarian sinyal televisi secara otomatis di receiver untuk satelit Telkom 4. Pengalaman penulis, jika sinyal televisi di satelit Palapa tertangkap secara maksimal (bagus), secara otomatis, sinyal televisi di Telkom 3s juga akan tertangkap dengan baik.

Selesailah pencarian sinyal televisi untuk satelit Telkom 4.  Selanjutnya jika anda memiliki dua receiver atau lebih, lakukan pertukaran port sebagaimana telah dilakukan pada receiver pertama, karena jika tidak maka seluruh siaran televisi  baik dari Palapa maupun Telkom 4 tidak akan muncul.

Catatan : 
1.   Sebelum menurunkan tiang penyangga parabola, sebaiknya di sebelah bawah penjepit/penguat tiang penyangga tandai dulu dengan spidol atau gergaji besi . Ini untuk berjaga-jaga, seandainya pencarian sinyal Telkom 4 gagal, kita bisa kembalian parabola ke posisi awal dengan tepat. Kemudian ubah pula pengaturan switch port di receiver kembali ke awal sebelum dilakukan perubahan. 

2.   Pertukaran pengaturan switch disecq perlu dilakukan karena adanya perubahan posisi satelit. Awalnya posisi satelit (dari barat ke tumur)  adalah satelit Palapa(113.° E (BT) - satelit telkom 3s (118,2° E (BT) sekarang posisinya kembali seperti dulu yaitu satelit Telkom 4 ( 108,2° E (BT) -Satelit Palapa (113.° E (BT). Perpindahan satelit berpengaruh pada penempatan LNB . Awalnya LNB satelit Telkom berada di sebelah barat baru kemudian LNB satelit Palapa. Sekarang berubah jadi LNB untuk satelit Palapa di sebelah barat dan LNB untuk satelit Telkom di sebelah timur.

  Jika dulu ketika beberapa sinyal hilang karena satelit telkom 1 rusak dan berpindah ke satelit 3s)  anda tidak melakukan perubahan posisi parabola (dibiarkan saja sinyal tv yang hilang tidak dicari) maka tutorial di atas tidak berlaku. Secara otomatis karena posisi satelit tekom 4 menempati bekas satelit telkom 1, maka sinyal tv akan muncul kembali.

Comments :

  1. Kenapa channel trans tv,trans7 dan antv tidak muncul siaran sedangkan sinyalnya bagus....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu karena Trans 7 dan trans tv pindah satelit Harus diubah setelan di receiver dan posisi barabola.

      Delete
  2. Mengapa jika ingin memasukkan chanel trans dan antv, maka chanel mekkah nya harus ditiadakan/ditukar?

    ReplyDelete
  3. Permisi ..parabola mania.parabola saya hilang siaran satelit telkom nya sejak 2017. Awal pake recvr tanaka.. Sekarang aku pake burger s2 eh.. Tetep aja gal nongol..gan.. Apa saya ikuti petunjuk artikel di atas ?? Mohon solusinya gan... Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari tahun 2017 belum pernah diutak atik parabolanya, jangan ikuti tips di atas. Kemungkinan parabola agan masih tetap seperti semula dan karena satelit telkom 4 posisinya sama dengan satelit telkom 3, maka hanya tinggal lakukan pencsrian di receiver.

      Delete
  4. Bagai mana cara memprogram setelit palapa yg hilang

    ReplyDelete
  5. Palapa dapat signal telkom 4 hilang, begitu sebaliknya telkom 4 dapat palapa hilang. Tolong pencerahnnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah pengaturan switchnya sudah diubah sebagaimana tutorial di atas?

      Delete
  6. Maaf gan gimna mengatasi sinyal trans tv ,ANTV ,RCTI,trans 7 di acak

    ReplyDelete
  7. Kenapa channel tvn1 ngga ada sinyal

    ReplyDelete

Post a Comment