Jika anda termasuk peserta BPJS kesehatan dan menginginkan kemudahan dalam mengetahui tagihan iuran BPJS, pendafataran atau mengubah fasilitas kesehatan, cetak kartu, pendaftaran online BPJS atau ubah data peserta BPJS, maka aplikasi Mobile JKN adalah jawabannya. Pengembangan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun.
Syarat untuk bisa menggunakan aplikasi ini adalah : 1) Terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, 2) memiliki HP android, dan 3) Memiliki kuota internet untuk mendownload aplikasi Mobile JKN dari Play Store. Adapun cara mendaftar dan menggunakan aplikasi Mobile JKN adalah sebagai berikut:
- Buka aplikasi Play Store di HP android anda. Tulis di kolom pencarian " Mobil JKN BPJS " dan klik cari.
- Pilih Mobile JKN. Download dan instal mobile jkn di HP anda.
- Setelah aplikasi terpasang, buka aplikasi Mobile JKN. Disana ada 3 Menu yang dapat dipilih yaitu : a) Pedaftaran Peserta Baru, b) Pendaftaran Pengguna Mobile, dan c ) login. Pilih Pendaftaran peserta baru jika anda belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, Pilih Pendaftaran Pengguna Mobile, jika anda sudah terdaftar sebagai peserta BPJS tetapi belum terdaftar di aplikasi JKN Mobile dan pilih login jika anda sudah terdaftar di aplikasi JKN Mobile.
- Untuk mendaftarkan menjadi mpengguna aplikasi mobile JKN, pilih Menu Pendaftaran Pengguna Mobile.Isi form pendaftaran dengan benar dan kemudian klik register.
- Langkah selanjutnya adalah verifikasi pendaftaran. Kode verifikasi akan dikirimkan ke nomor HP atau alamat email yang tadi didaftarkan. Tulis kode verifikasi dengan benar di kolom yang tersedia dan klik tombol verifikasi. Jika verifikasi benar, maka anda sudah bisa login ke mobile jkn.
- Untuk login ke Mobile JKN, pilih tombol login. Masukan nomor kartu BPJS sebagai username dan password yang telah dibuat pada saat pendaftaran. Tulis kode capthca dengan benar dan terakhir klik login.
- Jika userid, password dan kode captcha yang dimasukan benar, anda akan masuk ke aplikasi Mobile JKN. Di sana ada beberapa menu utama seperti : Peserta, Tagihan, Pelayanan dan Umum.
- Menu peserta berisi sub menu : Peserta, Ubah Data Peserta, Kartu Peserta dan Pendaftaran Peserta,
- Menu Tagihan dan Sub Menunya. Disini kita bisa melihat besaran premi BPJS, melakukan pembayaran, melihat catatan pembayaran dan cek VA.
- Menu Pelayanan
- Menu Umum
Untuk Menu Tagihan, jika anda adalah seorang PNS atau karyawan perusahan yang pembayaran iuran BPJSnya ditanggung pemerintah/perusahaan maka menu tersebut tidak bisa digunakan.
Capcta nyatidak muncul min.. Tolong dibanti
ReplyDeleteKalau Captca tidak muncul, itu masalahnya sinyal. Cari tempat yang sinyalya kuat
DeleteDaftar peserta baru kenapa tidak bisa mendapatkan kode verifikasi email?
ReplyDeleteCoba lag barangkali penulisan alamat emailnya salah. Atau minta kode verifikasinya dikirimkan pada nomor henpon saja
DeleteKenapa saya daftar jkn mobile.. gk bisa ya.. katanya anda belum verifikasi no hp
ReplyDeleteSaya daftar jkn mobile kok g bisa ya? Katanya anda belum verifikasi no hp
ReplyDeleteCoba ulang lagi pendaftarannya. Jika masih tetap tidak bisa, hubungi nomor 1500400
DeleteKok tgl lahir g cocok dgn bpjs min..padahal sudah di tulis sama dgn yg tertulis di kis
ReplyDeleteJika ada ketidaksesuaian data perbaiki di kantor bpjs terdekat.
DeleteKok gak muncul kode verifikasinya di nomer hp maupun di almat email
ReplyDeleteKode verivikasi tidak muncul sama sekali di no HP maupun alamt Email. Daftar uda dr krmarin
DeleteCaptaca salah terus gimana ini
ReplyDeleteSaya dulu pernah pakai mobile jkn tp karena ganti hp langsung uninstal aplikasi sekarang mau pakek lagi tp password lupa...caranya gimana ya...tak reset password ada verifikasi ke email tp password email jg lupa..
ReplyDeleteSusah juga kalau lupa password email. Satu-satunya jalan harus direset /dihapus dulu akunnya. Dan untuk menghapus akun ini admin JKN yang punya akses, jadi coba hubungi call center JKN atau kantor BPJS terdekat.
Deletehai min, sya mau pendaftaran pengguna mobile di mobile JKN, tapi tapi karena saya belum cetak ID card BPJS nya sehingga saya mempunyai kendala pada saat pengisian nomor kartu BPJS. apakah ada solusi?
ReplyDeletetrima kasih
Apakah anda baru mendaftar jadi peserta bpjs ? Untuk mengisi nomor kartu bpjs, coba lihat di preview cetak kartu , barangkali ada.
ReplyDeleteBaru mwndaftar tapi tidak bisa log in mulai kemaren
DeleteKalau belum punya kartu, minta dulu ke kantor bpjs
DeleteKnp gk bsa daftar mobile jkn
ReplyDeleteDaftar sebagai pengguna mobil JKN atau daftar sebagai peserta baru JKN?
DeleteSaat daftar pseeta baru udah sampe milih kelas muncul tulisan "Transaksi belum dapat diproses coba beberapa saat lagi" gmn solusinya ni min ??
ReplyDeleteCoba beberapa saat lagi, mungkin server lagi sibuk. Jika tetap saja tidak bisa, langsung saja datang ke kantor bpjs terdekat.
DeleteSya mau registrasi ke pendaftaran pengguna mobile saat isi data dilangkah terakhir simpan email loading setelah itu muncul "transaksi belum dapat diproses"
ReplyDeleteBagaimana ini min
Sudah dicoba berkali² tetep sama aja hasil nya
Coba login barangkali registrasinya sudah berhasil. Atau jika belum, coba lakukan di ain waktu di saat server tidak sibuk.
DeleteGkbisa masuk karena beda tgl lahir, padahl udah sma bener gmna nih. Mohon bantuannya
ReplyDeleteSaya sangat kecewa dg aplikasi jkn. Saya mendaftar dgn cara online menghindari antrian yg makan waktu serta bolak balik. Tapi kenapa malah begitu sulit /errrooorrr nya no ktp tidak sesuai padahal saya sudah berkali-kali croscek no nya. Tolong jika emang tujuan nya membantu ya pelayanan nya di perbaiki jika tidak ya di abai kan saja malah baik gk usah jual aplikasi yg merugi kan.
ReplyDeleteCoba buat ulasan di google plays store-mobile jkn agar terbaca oleh pembuat aplikasi dan dilakukann perbaikan.
Deletesaya sudah daftar...tp kenapa ga bisa login ya
ReplyDeleteMungkin penulisan user id atau passwordnya salah
DeleteApakah bisa digunakan untuk 2 akun. Yang 1 pns daerah dan yang 1 mandiri. Kalau bisa bgaimana caranya?
ReplyDeleteSetahu saya, satu aplikasi hanya bisa untuk satu akun.
Deletesaya daftar di mobile jkn katanya sdh terdaftar dan disuruh login..
ReplyDeletepadahal belum pernah daftar sblumnya
masuk lewat login jawabannya user atau password salah..
gmn solusinya..
Hubungi call center bpjs di 1500400 untuk konsultasi
DeleteSaya sudah mendaftar tp tidak bisa login?padahal username dan pasword sudah sesuai tp tidak dapat di proses
ReplyDeleteCoba hubungi call center jkn 1500400
DeleteUdah ada 10! Kali ngisi data dgn benar selalu jawabannya coba lagi lain waktu kenapa tuh trim
DeleteSetiap udah isi data jawaban belum bisa diverifikasi coba lagi lain waktu udah 10 kali ngisi
ReplyDeleteCoba hubungi kantor BPJS terdekat atau telpon call center 1500400 untuk konsultasi
DeleteMau tanya setelah daftar berhasil (peserta baru blm pernah bikin)selanjutnya gmn apa bs dpt kartunya,,
ReplyDeleteSaya udh daftar tapi waktu mau cetak E-ID kok tidak bisa katanya penangguhan pembayaran gitu. Solusinya gmna min
ReplyDeletepake hp android biasanya bisa tp saat ini kode captcha nya gak keluar, bilange katanya sinyal... hrs cari tempat yg sinyalnya bagus, padahal ya seperti biasa tak pake buat download aja bisa, trs klo di iphone jkn malah gak pernah keluar captcha nya...
ReplyDeletetrs gimana.... apa yg salah... apa yg hrs sy lakukan
Knp capcha nya tidal muncul,penal sya sdh daftar...
ReplyDeletesaya daftar via online sudah berhasil, trus saya mau login ke jkn kok gk bisa masuk ya min, disuruh masukin nmr pesertanya, itu nmr pesertanya yg dikirim lwt email itu kah?
ReplyDeletekalau iya kok sudah saya coba kok masih gk bisa login ya
Nomor peserta itu, ya nomor peserta jkn yang biassanya tertera di kartu jkn..Mungkin ada kesalahan dalm peulisn. coba ulangi lagi segan benar. Jka tetap tidak bisa, hubungi kanator jkn terdekat
DeleteSaya sudah pernah login ke mobile jkn, tapi tidak sengaja keluar. Pas mau login balik, katanya captcha salah, padahal benar
ReplyDeleteCoba lagi, mungkin penulisan captcany salah
DeleteCaptcha salah mulu gimana min udah jelas
ReplyDeleteSaya sudah isi smua data
ReplyDeleteWaktu mau login kenapa keterangan nama ibu kandung tdk sesuai.padahal udah sesuai kk loh
Penulisan nama ibu harus sesuai dengan ketika memasukan ketika pendaftaran. Misal Jika ketika memasukan nama ibu ani, ketika login jangan jadi Ani atau ANI. Jika sudah dicoba berbagai cara tetap tidak masuk, hubungi saja kantor bpjs terdekat
DeleteKalo udah daptar di jkn mobile apakah sudah langsung bisa digunakan? Atau harus ke kantor bpjs kesehatan dulu?
ReplyDeleteBiasanya ada jeda waktu 14 hari dari pendafaran untuk sampai bisa digunakan.
DeleteMin kok daftar pengguna mobile kodenya ga bisa dikirim di email ya
ReplyDeleteMWaktu pendafaran, mengisi emailnya mungkin salah.
DeleteSaya masih aktif diperusahan tp bpjs saya kok dicek udah mengundurkan diri
ReplyDeleteCoba cek dulu ke perusahaan, apakah pembayaran BPJSnya masih berlanjut atau sudah di stop perusahaan
DeleteSaya mau login kok tdk bsa katanya nomor anda blm terdaftar
ReplyDeleteMungkin ada kesalahan pada penulisan no BPJS. Coba ulang kembali
DeleteSaya udh bulak balik buka aplikasi jkn saat mau buka kartu slalu aplikasi blm dapat diproses. Dan sama sekali vk bs diakses.
ReplyDeleteAku juga udah terdaftar hanya pindah klinik dan muncul update ulang eh setelah di update ulang malah gk bisa masuk ke aplikasi kn,,gimana sih pdhl semuanya udah di data tapi setiap mau masuk pasti muncul notif coba beberapa saat karena tidak bisa di proses
ReplyDeletesaya mau tanya kenapa ya pada saat akan register selalu muncul notif "no bpjs anda sudah terdaftar di system" sedangkan saya baru instal aplikasinya
ReplyDeleteTinggal selangkah lg masuk aplikasi jkn kok susah bgt, sudah sampai pd perintah masukkan kode verifikasi yg kmi krm di alamat email anda... Tp ditunggu2 tdk ada pesan masuk di email, sampai saya ulangi beberapa kali sama aja.... Ah pusing dech
ReplyDeleteMin email nya harus pake akun apa saya pake akun gmail gk bisa mulu ada solusi
ReplyDeleteApa saja, bisa yahoo atau gmail atau yang lainnya
DeleteWaktu daftar udah di isi semua terus udah dapet laporan kata nya udah terdaftar
ReplyDeleteTapi giliran masuk login kok gk bisa ya kata nya username salah bolak balik lagi msih gk bisa
Saya juga gak bisa login, dll, salah tgl lahir lah,trus ada kata transaksi belom bisa, udah ada kata terdaftar dll,..ribet amat yah, bolak balik, gak bisa2
ReplyDeleteAplikasi jkn mobile sdh pernah dihapus.. bagaimana cara login lagi kok tdk bisa.. sdh memasukkan email tpi yg kluar alamat email sdh pernah digunakan oleh orang lain... trs ini gimana mau masuk lgi.mksih
ReplyDeleteHubungi saja customer service di kantor BPJS. Minta direset ulang
Deletekenapa ya tiap mau aktivasi di mobail jkn tidak bisa ?
ReplyDeleteketeranganya nik/no ktp tidak sesuai ?
padahal no nik di kartu bpjs sama di ktp sama ..
mohon penjelasanya .
Alamat email dan ponsel saya daftarkan buat daftar verifikasi kartu bpjs nenek saya, tapi sekarang pengen di pake buat bpjs saya sendri gimana cara nya ya???
ReplyDeletePmberitahuan nya
"email anda sudah di pake peserta lain"
Dan cara ngeluarin peserta jkn sebelum nya dan ganti punya jkn saya sendiri gimana. ???
Minta reset lewat call center bpjs atau langsung datang ke kantor bpjs terdekat. Jika tetap tidak bisa, alternatif terakhir, bikin email lagi untuk pendaftaran bpjs anda.
DeleteMau tanya min saya kan ubah data peseeta sebulan yg lalu, saya ubah klinik terdekat skrng tnggl 1 waktu itu keterangannya bisa digunakan tp ko mlh ga bisa muncul trus atau coba bbrp saat lg. Udah berulang kli ky gt truss. Gmn ya minn
ReplyDeleteMaaf bapak ibu saya mau tanya saya kalo masuk ke jkn mobile TDK bisa kenapa
ReplyDeleteSaya sudah terdaftar bpjs mau register jkn mobile. Dari kemarin daftar registrasi belum dapat diproses tunggu beberapa saat lagi. Seperti itu terus. Bagaimana solusinya?
ReplyDeleteHubungi call center bpjs atau bisa datang ke customer servis di kantor bpjs
Deleteemail dan nomer hp sudah benar tapi tidak mendapatkan kode verifikasi
ReplyDeletemau mendaftar di aplikasi. Kalau nama ibu kandung salah terus, apa yang harus dilakukan ?
ReplyDeleteSaya sudah pernah menggunakan mobile jkn tp pada saat saya mau ubah faskes ga bisa login, padahal email, password sudah sesuai, gimana inih boz
ReplyDeletemin saya udh daftar dan udh punya akun tp setelah aplikasi jkn d perbaharui trus log in ulang gk bsa lg nmer krtu tdk trdftar pdhl sblmnya bsa normal2 aja
ReplyDeleteCoba hubungi call center bpjs 1500400
DeleteNo kartu saya sudah terdaftar di sistem dan sudah sisuruh untuk login dari aktivasi akun.
ReplyDeleteEhh.. Tiba2 mau login muncul tulisan no kartu anda belom terdaftar katanya. Bagaimana solusinya
Coba lagi daftar, mungkin proses aktivasiya terputus jadi tidak tersimpan di sistem
ReplyDeleteDulu saya pakai aplikasi nya, cuma saya sempat uninstall krn kepenuhan. Nah skrg saya sudah install ulang aplikasi JKN mobile, saya jg sudah aktivasi akun di pendaftaran, lalu sudah masukkan data diri, sampai di email. Nah ketika sudah saya simpan emailnya, ada bacaan no. Bpjs anda telah terdaftar, silahkan log in. Tapi ketika log in, kalo pake no. Bpjs disitu tertulis "username atau password salah", kalo pake email disitu tertulis "email anda belum terdaftar" itu gimana ya jadinya jadi gabisa log in log in juga udah bbrp kali bolak balik
ReplyDeleteHubungi call center bpjs, minta reset agar bisa daftra kembali
DeleteTinggal nunggu kode otp kok ndak terkirim terkirim kenapa yaa??
ReplyDeleteKenapa ketika di isi no hp keluar no jp sudah digunakan oleh peserta lain. Padahal itu no jp saya
ReplyDeleteMohon bantuannya.. Saya mau daftar mobile jkn tapi tidak bisa2, kendalanya pada saat saya masukan no tlp atau Email disitu ada pemberitahuan bahwa kartu bpjs yg saya daftarkan sudah terdaftar di sistem dan meminta untuk login. Tetapi pada saat saya login disitu ada pemberitahuan bahwa saya belum terdaftar dan harus daftar pengguna mobile jkn. Jadi saya harus bagaimana kalo kendalanya seperti ini? Dan saya juga merasa kalo saya belum daftar pengguna mobile jkn. Terimakasih.
ReplyDeleteNo hp katanya sudah terdaftar padahal belum register, bagaimana yaa
ReplyDeletePagi bang saya mau tanya jikalau saya sudah mengisi aktivasi akun sesuai dengan data" saya tapi tidak dapat di proses kenapa yak bang
ReplyDeleteverifikasi nomor hp, setelah di masukan nomor hape gagal kirim kode verifikasi terus, itu biasanya kenapa min
ReplyDeleteUdh masukkan nomor hp tpi gak masuk kode otp nya, udh berkali2 jawaban nya selalu user doesn't exist. kenapa ya
ReplyDeletetransaksi belum dapat di proses itu silahkan coba beberapa saat lagi itu knp ya min? udah di ulang2 tp ttp kaya gitu padahal sudah 87% terdata
ReplyDeleteKan saya udah daftar peserta baru nih, terus selanjutnya gimana, kok nggak muncul apa**..
ReplyDeleteO iy.. saya coba menggunakan aplikasi JKN mobile.tapi saat registrasi no hp.jawaban nya selalu belum tetdaftar
ReplyDelete