Cara Menghubungkan Mesin Absensi Fingerprint dengan Laptop/Komputer

Mulai Bulan Januari Tahun 2019, kehadiran guru di sekolah akan dipantau langsung oleh dinas pendidikan setempat serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Hal itu mengacu kepada Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tetang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tunjangan Khusus, dan Tambahan Penghasilan Guru PNS Daerah.


Berkaitan dengan hal tersebut, maka setiap sekolah wajib memiliki perangkat absensi elektronik (mesin absensi fingerprint) yang terhubung langsung dengan Kemendikbud. Jika biasanya absen online ini dikerjakan oleh operator sekolah di aplikasi DHGTK online, maka dengan pemberlakuan absensi elektronik ini, tanggung jawab absensi ada di pundak masing-masing guru. Operator sekolah hanya bertugas untuk mengirimkan rekap absensi yang ada mesin fingerprint ke server pusat.

Secara sederhana alur absensi online ini adalah : guru mengisi absen di mesin fingerprit - mesin fingerprint dihubungkan dengan laptop/komputer secara periodik dan data yang ada di mesin fingerprint dipindahkan ke komputer - rekap kehadiran di laptop dikirim ke server DHGTK.

Langkah pertama yang harus dilakukan sekolah adalah menyediakan mesin absensi fingerprint. Selanjutnya adalah menghubungkan mesin fingerprit tersebut dengan laptop dengan menggunakan aplikasi Geisa. Mengapa harus aplikasi geisa? karena baru aplikasi inilah yang mampu mensinkronkan antara mesin absensi fingerprint, aplikasi dapodik dan server pusat DHGTK. 

Sinkronisasi mesin fingerprint dengan laptop melalui aplikasi Geisa harus dilakukan di laptop/komputer yang ada aplikasi dapodik. Jika diinstal di laptop/komputer yang tidak ada aplikasi dapodik, maka proses sinkronisasi antara mesin absensi fingerprint, laptop/komputer dan server pusat tidak akan berjalan dengan baik

Adapaun cara instal dan mengubungkan mesin fingerprint dan aplikasi Geisa akan diuraikan secara lengkap di bawah ini. Tutorial ini dapat dipraktekan langsung dengan syarat mesin fingerprint telah tersedia. Untuk tutorial ini, admin menggunakan mesin fingerprint So****on yang bukan produk yang resmi dikeluarkan GEISA (Bukan produk bundling GEISA). Secara lengkap proses instalasi dan koneksi mesin absensi dan kompute/laptop adalah sebagai berikut:

1. Download aplikasi GEISA Client terbaru  di laptop yang berisi aplikasi Dapodik. Aplikasi GEISA dapat didownload di :https://geisa.online/

2. Jika proses download telah selesai, instal aplikasi GEISA Client di laptop.

3. Buka aplikasi GEISA Client dengan mengetik alamat : http://localhost:9315. Lakukan registrasi terlebih dahulu.
4. Masukan NPSN sekolah, User Name dengan user Dapodik serta password dapodik. Jika sudah lengkap diisi, klik registrasi.
5. Tunggu beberapa saat sampai ada konfirmasi bahwa registrasi telah berhasil. Jika registrsi telah berhasil, klik tombol Kembali Login sehingga jendela login terbuka. Isi User Id dan password yang biasa digunakan untuk membuka Dapodik.
6. Jika jendela GEISA Client telah terbuka, klik menu mesin. Klik panah kecil di tengah halaman agar halaman tergulung ke bawah.
7. Klik tambah sehingga muncul list mesin absensi. Ubah IP Adress mesin disesuaikan dengan IP Adress Kabel Lan Yang dipakai untuk menghubungkn mesin dengan laptop. Cara mengubahnya dengan mengklik di mesin yang terpilih kemudian pilih menu ubah. Gunakan tombol tab untuk memindahkan kursor.
8. Hidupkan mesin absensi dan sambungkan mesin absensi dengan laptop menggunakan kabel LAN. Untuk melihat IP adress kabel , cari di Control Panel, Network And Internet, Network And Sharing Center.
9. Klik Change adafter seting. Cari koneksi kabel Lan dari mesin ke laptop. Klik kanan dan pilih status.
10. Klik detail dan lihat IP Adress kabel Lan. Tulis dan masukan ke dalam IP Adress di aplikasi GEISA. Tambahkan satu angka di angka terakhir IP Adress. Misal: IP adress yang tertera di bawah adalah 169.254.17.111. Ditulis di aplikasi GEISA 169.254.17.112. Jika sudah klik simpan. Jangan lupa sesuaikan pula IP Adress di mesin fingerprint sesuai dengan yang tertera di aplikasi GEISA..
11. Pilih pengaturan 3 dan simpan.
12. Selanjutnya buka GEISA Connect. Samakan IP Adressnya dengan IP Adres di GEISA. Jika IP Adress sudah sesuai, klik connect.
13. Jika pengisian IP Adress benar, maka mesin akan tersambung ditandai dengan lingkaran yang berwarna merah menjadi hijau serta serial number mesin dan tipe mesin akan otomatis masuk ke GEISA.
14. Jika mengalami kegagalan, lakukanlah langkah tadi secara berulang-ulang. Admin sendiri beberapa kali mengalami kegagalan sebelum akhirnya berhasil menghubungkan mesin ke laptop.
Catatan: Tutorial di atas adalah tutorial untuk menghubungkan mesin absensi fingerprint yang produknya bukan produk bundling GEISA. Mungkin cara menghubungkan mesin absensi yang dikeluarkan oleh GEISA akan berbeda atau mungkin saja tidak perlu ada pengaturan seperti tutorial di atas.


Comments :

  1. Saya udh banyak memasang solution x105, namun mesin x105 2bulan belakangan ini, sudah bisa connect ke geisa, melalui geisa connect, namun data user di dalam mesin tidak bisa di tampilkan sama aplikasi geisa client. Jika dilihat firmware mesin sama saja. Jika ada rekan2 yang pernah ngalami dan ada solusinya, mohon share ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya memang sama. Data user tidak bisa diambil oleh aplikasi geisha client jika data tersebut data lama. Namun jika data di mesin di hapus, kemudian dibuat kembali data baru, data otomatis muncul.

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  2. erima kasih infonya sangat bermanfaat, ditunggu info menarik selanjutnya, jangan lupa kunjungi website kami juga di http://mesinfingerprint.com/ salam sukses selalu :)

    ReplyDelete
  3. Registrasi Geisa di laptop tidak berbayar. Tapi jika mesin yang digunakan bukan mesin yang dibundling / kerjasama dengan geisa, maka sekolah harus meminta serial number agar aplikasi geisa di laptop bisa terhubung ke server geisa pusat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. KALAU TOKEN SUDAH MATI BAGAMANA . maaf token sekolah anda sudah habis masa aktifnya . TERNYATA gesia UUD

      Delete
    2. Memang untuk tersambung ke server geisha berbayar. Hunbungi perwakilan perusahaan geisa di daerah anda untuk membeli token baru.

      Delete
  4. Punya info mengenai registrasi sn nya? Hubungi siapa, biaya (klo ada) dll, soalnya menurut web geisa.online skrg mesti registrasi sn yg mana infonya tidak lengkap, terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk minta no registrasi SN bisa menghubungi agen atau distributor Geisa di wilayah masing-masing

      Delete
    2. Untuk minta registrasi SN kira2 bayar nggak, klo iha berapa ??

      Delete
    3. Kalau mesinnya bukan bundling Geisha, bayar. Besarannya, admin kurang tahu.

      Delete
  5. numpang tanya nih, saya lagi kebingungan sama mesin absen yang tdk bisa nyambung. nah bagaimana cara nyambungkan kalau tanpa kabel ke laptop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tanpa kabel, saya belum pernah mencoba. Pakai kabel saja prosesnya susah jika pertama kali

      Delete
  6. Terimakasih artikelnya, sangat bermanfaat dan membantu sekali. Kunjungi juga website kami di https://www.mesinfingerprint.com/
    . Sukses selalu

    ReplyDelete
  7. Kalau selain mesin fingersprint apa bisa pakai mesin fingerspot?

    ReplyDelete
  8. Mau nanya nih min. Utk mengubah atau mengedit jam masuk yang telat atau lupa mengfinger. Bagaimana cara mengeditnya? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini untuk hal darurat saja, bukan untuk menjadi kebiasaan (Karena tujuan absen finger print adalah untuk mendidik kedisiplinan dalam masuk dan pulang kerja sesuai aturan). Jika telat atau lupa menscan jari atau wajah di mesin finger print (misal datang tetap pagi2 tapi lupa scan jari dan ketika pukul 10.00 baru ingat). Untuk hal tersebut mesin fingerprint harus diseting dulu pengaturan waktunya sesuai waktu masuk (misal diubah ke jam 07.00). Baru kemudian scan jari/wajah. Setelah scan jari/wajah, sesuaaikan kembai waktunya ke waktu real time.

      Delete
  9. Ass. Sy mau konsul apa bisa ya saya minta no hp nya. Makasih.

    ReplyDelete
  10. Selamat malam.
    Saya mau numpang tanya.
    bisa gk meinstal aplikasi geisa di komputer/leptop lain atau tidak menggunakan leptop operator yang ada aplikasi dapodik. mohon solusi, kalau seandainya bisa mohon ajari caranya

    ReplyDelete
  11. Sepengetahuan saya, harus menggunakan laptop yang terinstal aplikasi dapodik.

    ReplyDelete
  12. assalmualaikum. wr. wb.
    slamat siang..
    saya mau tanya, kemarin gak sengaja terhapus mesin 1 yg sudah teregistrasi pada tabel data mesin. nah,, sekarang kok pas mau tambah mesin dan tambah/edit serial number kok gak bisa lagi. mohon solusinya. Terima kasih..

    ReplyDelete
  13. Gimana cara menghubungi diatributor geisa?? Ada contactnya bu??

    ReplyDelete
  14. bagaimana jika data tabelpengawas tidak ditemukan tolong solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, admin belum bisa memberi solusi atas permasalahan di atas.

      Delete
  15. numpang tanya selain FP GEISA kira2 FP apa saja yg direkomendasikan dapat berhungan dengan aplikasi geisa clinet ? trus untuk mengetahui SN kira2 bgmana ? Makasih . . . mohon bantuan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau menurut admin, jika belum membeli, lebih baik membeli Fp yang dibundling dengan Geisha karena proses koneksi dengan aplikasi geisha dan server dhgtk lebih mudah.

      Delete
  16. Saya ada aplikasi cloud yang dipakai oleh vendor2 mesin untuk bisa connect antara mesin finger (berbagai merek) dengan server, baik lokal maupun hosting. Program saya dari PHP dan MYSQL. Bisa tarik data absensi otomatis, transfer sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya. Berminat hub 0813 48021 778 (WA)

    ReplyDelete
  17. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang di shared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    ReplyDelete
  18. Min kalau kita makae pingerprint apakah otomatis masuk langsung di abden dhgtk???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika Mesin Pingerprintnya sudah terhubung dengan server dhgtk ya langsung masuk. Tapi jika belum terhubung, ya tidak akan masuk.

      Delete
  19. mohon rekomendasi mesin finger untuk kehadiran guru disekolah merk/serie apa ya mint

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merk geisa agar mudah sinkron dengan server dhgtk pusat.

      Delete
  20. untuk Bundling Geisa mempunyai keunggulan karena mendapat token Koneksi selama beberapa bulan , ketika token habis harus berlangganan lagi dengan nominal yang belum saya ketahui

    untuk fingerprint merek lain ada beberapa jenis yg mudah di koneksikan dana adapula yg harus menggunakan SDK

    contoh merek Solution yang ada TCP/IP nya sudah bisa terkoneksi dengan geisa tetapi harus didaftarkan dulu SN Mesinnya dan membeli token langgana agar tetap terkoneksi

    untuk mesin fingerspot yang TCP/IP tidak semuanya bisa didaftarkan SN nya hanya tipe Premier dan hibrid. untuk tipe lain harus membeli SDK dari fingerspot untuk bisa mendaftarkan SN mesin ke Geisa. setelah terdaftar harus membeli token untuk tetap terkoneksi

    intinya menggunakan Geisa berbayar.

    alangkah lebih baiknya jika Kemendikbud mempunyai server tersendiri untuk menanganin masalah absensi dan tidak menyerahkan ke pihak ke 3 agar sekolah tidak menjadi ladang bisnis.

    setau saya geisa itu milik anak perusahaan TELKOM bukan KEMENDIKBUD

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf min mau tanya ini mesin saya kasih user admin tetapi awal pasword.nya menggunakan angka 0 misal 0123 eeeee trnyata pada konfirmasi pasword di awal tidak mau memakai angka 0 di depan akibatnya mesin terkunci mohon pencerahannya

      Delete
  21. Coba pakai tanda ' (kutip ) di depan angka nolnnya. kalau tetap tidak bisa, mungkin harus direset atau hubungi saja penjualnya barangkali ada solusi.

    ReplyDelete
  22. mesin geisha tidak koneksi dengan aplikasi mohon solusinya ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hubungi saja perwakilan geisha di tempat anda, atau juga bisa datang ke toko yang menjual mesin geisa.

      Delete
  23. Sp yg bisa bantu ..Bgmn cara menghbngkan mesin Geisa k laptop
    sy sdh berulang kli b kse msk kode IP ttp tdk bs konek.

    ReplyDelete
  24. Saya Aldi dari Fingerspot Jakarta Barat Marketing

    kami menjual :
    ● mesin absensi
    ● UareU
    ● access door
    ● hotel lock
    ● smart lock
    ● smart alarm
    ● barcode scanner
    ● cctv
    ● cash register
    dan kami juga menjual software berbasis online (mobile).
    ● fingerspot.io
    ● fingerspot.net
    ● fingerspotcloud.net
    ● kitaschool
    ● ezcloud

    saya akan melampirkan price list produk kami untuk bisa direview, sebagai bahan pertimbangan harga dan kualitas.

    sekiranya Bapak/Ibu berminat silahkan hubungi saya
    Contact Person. 081218046304 (telp/wa)

    email: sales.jakarta@Fingerspot.co.id

    ReplyDelete
  25. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang dishared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    Fitur :
    1. Realtime
    2. Support banyak merek mesin, dan satu server bisa menampung hingga puluhan mesin
    3. Upoload user ke mesin yang diinginkan
    4. Upoload template sidik jari ke mesin yang diinginkan
    5. Hapus Transaksi di mesin
    6. Hapus sidik jari di mesin
    7. Tarik informasi mesin (Jumlah transkasi, jumlah sidik jari dan settingan mesin)
    8. Dapat mengethaui status mesin online atau offline
    9. Reboot mesin
    10. Tarik manual data absensi dan sidik jari user
    11. Tarik otomatis id absen dan nama user di mesin

    ReplyDelete
  26. Klo data dr mesin pinjer geisa g bisa diambil kira2 gara2 apa ya,? Kira2 masalah nya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin ada langkah yang terlewat atau ada penulisan alamat yang salah. Coba ulangi langkah langkah menghubungkan mesin finger print dengan laptop/komputer dengan benar.

      Delete
  27. Brrti kita haru mengetahui ip address mesin figerprint biar bisa cetak absensi yah bg
    Tolang dijawab

    ReplyDelete
  28. terima kasih, artikelnya sangat membantu, kebetulan kami juga bergerak di bidang pengembangan aplikasi khususnya untuk meningkatkan kedisiplinan anak, aplikasi kami berupa absensi fingerprint berbasis sms gateway terhubung langsung dengan HP orang tua, bisa juga untuk kantoran, dll untuk lebih jelasnya silahkan hubungi website kami www.schoolmantic.com

    ReplyDelete
  29. Saya punya program realtime tarik data absensi dengan fitur adms/cloud pada mesin. Kelebihannya adalah bisa dipasang dishared hosting maupun vps. Tidak membutuhkan soap dan scheduler (cron job) untuk tariknya, jadi bener2 realtime. Program saya memanfaatkan fitur ADMS/CLoud pada mesin absensinya seperti layaknya vendor-vendor mesin yang menyewakan cloud absensi dengan koneksi mesin ke server2 mereka. Program saya dari PHP dan MYSQL. Kelebihannya adalah bisa tarik realtime, upload sidik jari dari satu mesin ke mesin lainnya, upload user dan privilage user, hapus sidik jari, hapus transaksi, reboot, tarik informasi mesin dan lain2. Berminat?? hub 0813 48021 778 (WA)

    ReplyDelete
  30. Admin ..absen finger gesia non dapodik sudah absen tapi di apliaksi gesia client belum muncul ..gimana cara memunculkan gtk non dapodik ke aplikasi client gesia mohon pencerahannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf, karena saat ini sekolah saya tidak lagi pakai absen finger print, jadi saya kurang memahami kendala-kendala yang ditanyakan....

      Delete

Post a Comment