Tips Belajar Mengemudi Untuk Pemula (Pemuda Lanjut Usia)

Tidak semua orang memiliki kesempatan belajar mengemudi di usia yang ideal. Meskipun tidak ada standar yang pasti, kebanyakan orang akan merekomendasikan bahwa usia belajar mengemudi yang ideal itu di bawah usia 30 tahun. Alasan usia muda menjadi usia yang ideal untuk belajar mengemudi ada kaitannya dengan kondisi fisik dan kondisi psikis yang masih prima. Berbeda dengan usia 40 tahun ke atas, pada saat itu kondisi fisik dan psikis sudah tidak begitu prima. Keberanian, kondisi fisik, konsentrasi, mata dll sudah jauh berkurang kemampuannya.

Bagaimana jika kesempatan belajar mengemudi itu datangnya di usia  yang sudah mulai menua? apakah akan mampu belajar mengemudi di usia diatas 40 tahun? jawabannya bisa. Namun belajar mengemudi di usia yang sudah tidak begitu muda perlu kesabaran yang ektra dan jangan membandingkan diri dengan anak-anak muda yang baru dua atau tiga kali belajar mengemudi sudah langsung bisa. 

Nah, jika anda termasuk kepada kelompok ini (kesempatan belajar mengemudi kendaraan di usia lanjut) maka penulis akan memberikan beberapa tips agar proses belajar mengemudi dapat berjalan dengan lancar serta cepat bisa.

1. Keyakinan diri bahwa kita bisa
Keyakinan diri adalah faktor yang sangat penting dalam segala hal termasuk belajar mengemudi. Tanamkan dalam fikiran bahwa kita mampu. Jika kita tidak yakin bisa, maka jangan harap tujuan kita terlaksana.

2. Hilangkan Ketakutan yang tidak perlu
Makin tua usia, biasanya makin banyak pertimbangan dan ketakutan dalam hati. Takut menabrak, takut celaka, takut mengemudi di keramaian dan lain-lain. Hilangkan ketaakutan-ketakuatan itu. Santai dan bebaskan fikiran dari hal-hal buruk tadi.

3. Mencari lembaga kursus yang terpercaya
Lebih baik belajar mengemudi di tempat kursus dari pada belajar pada saudara atau teman. Pelatih mengemudi di lembaga kursus telah dibekali keahlian khusus yang mungkin saja tidak dimiliki oleh saudara atau teman. Mobil yang digunakan untuk latihan juga telah dimodifikasi sehingga faktor keamanan dan kenyamaanan lebih terjaga sehingga kita akan lebih merasa aman.

4. Jangan malu untuk menambah jam latihan jika kita merasa belum trampil
Dalam kursus mengemudi kita bisa memilih durasi latihan. Jika di akhir durasi latihan yang telah disepakati kita masih belum yakin akan kemampuan, tidak ada salahnya untuk menambah durasi kursus meskipun kita harus merogoh kembali kocek lebih dalam. 

5.Setelah tamat dari kursus, jangan malas untuk belajar mengemudi secara mandiri 
Ada peribahasa mengatakan, alah bisa karena biasa. Ini berlaku juga dalam keterampilan mengemudi. Jika kita telah selesai kursus, jangan berhenti untuk belajar. Jika belum perrcaya diri, anda bisa minta bantuan kepada saudara atau teman untuk menemani kita belajar. Keberadaan teman atau saudara akaan menambah rasa percaya diri dan bisa memberikan saran di situasi-situaasi yang sulit.

6. Tak pelu malu untuk minta bantuan memasukan atau mengeluarkan kendaraan dari grasi
Seorang pemula dalam megemudi biasanyaa akan kesulitan jika harus mengemudikan kendaraan di tempat-tempat yang sempit. Daripada mobil kita baret karena salah dalam parkir, maka lebih baik minta bantuan saudara atau teman untuk mengeluarkan dan memasukan mobil ke garasi.

Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan agar seorang pemula (pemuda lanjut usia ) sukses belajar mengemudi kendaraaan. Selamat mencoba!

Comments :

Post a Comment