Tips Membeli Karcis Kereta Api Di Hari Libur Nasional / Hari Raya Keagamaan

Kereta Api saat ini merupakan salah satu transportasi yang banyak diburu oleh pengguna transportasi umum. Hal ini tak terlepas dari  kondisi manajemen  kereta api yang telah bertransformasi dari  kondisi yang kumuh, tidak tepat waktu, tidak aman, penuh sesak dll menjadi transportasi yang tepat waktu, nyaman dan aman.

Sebagai akibatnya, pengguna kereta api melonjak secara tajam baik untuk kelas ekonomi maupun kelas eksekutif. Pada hari-hari tertentu, kadang karcis kereta api sudah habis terjual jauh sebelum hari keberangkatan. Misalnya saja pada saat mudik idul fitri, sebulan sebelum hari H tiket kereta api terutama kereta api ekonomi telah terjual habis.

Ini tentu saja menjadi hambatan bagi orang yang ingin mudik menggunakan kereta api. Namun memang itulah kenyataannya, kereta api kini menjadi salah satu moda transportasi yang banyak diburu. Selain karena murah (untuk kelas ekonomi), kereta api memiliki kelebihan dibanding moda transportasi lain. Misalnya saja, tidak terpengaruh oleh kemacetan akibat mudik lebaran.

Ada beberapa tips yang dapat dilakukan dalam pembelian tiket kereta api dimusim libur panjang, antara lain;

1. Pesan tiket kereta api jauh-jauh hari sebelum hari keberangkatan. Untuk hari-hari biasa, pemesanan tiket dapat dilakukan seminggu sebelum hari keberangkatan. Sedangkan pada situasi tertentu, misalnya mudik idul fitri atau tahun baru, pemesanan harus dilakukan sebulan atau dua bulan sebelum hari H. 


2. Mencoba memesan tiket pada hari keberangkatan. Meskipun jauh-jauh hari tiket kereta api telah habis, tapi tetap saja ada kemungkinan beberapa orang akan membatalkan tiketnya. Jadi cobalah membuka aplikasi pemesanan tiket pada hari keberangkatan. Biasanya ada beberapa tiket yang tersedia akibat dari beberapa orang membatalkan tiketnya.

3. Pesanlah tiket pulang pergi  jika waktu kepulangan sudah pasti. Memiliki tiket kereta api pulang pergi sangat membantu karena tidak akan terkena resiko kehabisan tiket kereta api.

4. Jika sudah jauh-jauh hari memesan tiket, tetapi kemudian terjadi perubahan jadwal pulang sehingga tiket menjadi tidak terpakai, maka tiket dapat dikembalikan atau ditukarkan kembali. Namun uang pengembalian tidak langsung diterima, tapi ada selang waktu beberapa hari sampai uang diterima. 
Demikianlah beberapa tips yang bisa dilakukan dalam memesan karcis kereta api. Semoga kondisi kereta api yang baik akan semakin bertambah baik sehingga menjadi transportasi publik yang dapat diandalkan.

Comments :

Post a Comment