Ternyata Inilah Arti Dari Culamitan Met Met Yang Lagi Populer di Aplikasi Tik Tok

Saat ini dunia medsos dihebohkan oleh kemunculan seorang remaja putri yang memposting video celotehan yang berisikan sindiran kepada orang yang punya sifat egois dan mau enak sendiri. Menurut Risa (pembuat video viral tersebut ) , ia memposting video tersebut sebagai sindiran kepada temannya yang mau untung sendiri. Suka minta-minat makanan kepada orang lain tetapi ketika ia sendiri punya makanan, ia pelit tidak mau berbagi.

Risa adalah anak kelas 1 SMP 1 Solokan Jeruk Kecamatan Solokan Jeruk Kabupaten Bandung. Jika dilihat sekilas, sosok Risa ini seperti masih usia SD karena badannya yang kecil mungil serta prilakuknya yang menggemaskan. Namun siapa sangka dibalik sosoknya yang mungil, ternyata menyembunyikan kemampuan besar yang membuat dirinya sekarang viral berkat video Culametan Met Met nya.

Adapun celotehan yang ia buat dibawakan dengan Bahasa Sunda kasar dicampur dengan Bahasa Indonesia. Inilah celotehannnya:

Sia mah hirup teh culametan met met, culametan met met, culametan met met
Jigana mah dipentaan deui teh embung sia mah
Sigana mah kalau ada makanan di meja mangga legleg ku sia, Teroret, Teroret, Teroret

Artinya kata per kata:

sia = Elo, kamu
mah = tidak ada artinya dalam bahasa Indonesia. Kata mah biasanya mengikuti kata ganti orang seperti kuring mah (saya mah), maneh mah (kamu mah) dll.
hirup = hidup
teh = tidak ada artinya dalam Bahasa Indonesia. Digunakan untuk mempertegas informasi.
culametan = culamitan = suka meminta makanan orang . Celamitan lebih ditujukan kepada orang yang tidak bisa menahan diri jika melihat makanan orang lain. Ia ingin selalu meminta walaupun makanan itu sedikit. Parahnya lagi, jika ia punya makanan, ia sangat egois tidak mau berbagi kepada orang ain. Prilaku ini ditinjau dari sudut tatakrama orang sunda kurang baik.
met met = tidak ada artinya. Itu hanya pemanis saja.

Jigana = Sepertinya / seandainya
dipentaan  = diminta
deui = lagi
embung = tidak mau

mangga = silahkan
legleg = telan, dimakan tanpa dikunyah

Terjemahan lengkap dari celotehan diatas kurang lebih adalah

Kamu mah hidup teh sukanya  meminta-minta makanan orang
Seandainya  kamu yang diminta, tidak akan mau (memberi) kamu mah
Seandainya mah kalau ada makanan di meja silahkan makan (telan ) oleh kamu, Teroret, Teroret, Teroret

Celotehan itu dapat digolongkan  kepada majas sarkasme yang tujuannya menyindir . Majas sarkasme adalah majas yang berisi sindiran dengan bahasa yang kasar. Maksud dari celotehan tersebut adalah menyindir kepada orang yang suka meminta makanan pada orang namun dia sendiri pelit tak mau berbagi.


Comments :

Post a Comment