Cara Membuat Soal Ujian Online Dengan Google Formulir

Mewabahnya wabah Covid 19 (Corona) di seluruh dunia termasuk di Indonesia membuat kehidupan normal menjadi terganggu. Dengan tujuan untuk menghentikan penyebaran virus covid, negara terdampak virus corona, termasuk juga Indonesia melakukan berbagai upaya seperti melakukan lockdown (karantina), social distancing (menjaga jarak dalam bersosialisasi di masyarakat), physical distancing (membatasi kontak fisik dengan orang lain)  dan lain-lain.

Dunia pendidikan di Indonesia pun tak luput dari pengaruh mewabahnya virus corona ini. Sekolah-sekolah diliburkan dengan waktu yang belum pasti, tergantung dari kapan berakhirnya wabah virus ini menyebar di masyarakat. Kegiatan belajarpun dilakukan secara online, meskipun banyak kendala yang harus dihadapi seperti guru yang gaptek, sarana yang kurang memadai(terutama di pedesaan), kerjasama guru dan orangtua siswa kurang dan lain -lain sehingga efektifitas pembelajaran online kurang optimal. Namun hal ini harus dilakukan karena keadaan yang memaksa. Oleh sebab itu guru dituntut untuk proaktif belajar menggunakan media online yang tersedia agar proses pembelajarn dapat terlaksana. 

Banyak aplikasi atau situs web yang bisa dimanfaatkan oleh kita untuk proses pembelajaran secara online. Salah satunya adalah google formulir. Dalam pembahasan kali ini admin akan membahas cara membuat soal ulangan baik itu ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester atau  ujian sekolah dengan Google Formulir.

Apa sih kelebihan google formulir, sehingga rekomended untuk digunakan dalam membuat soal? berikut ini beberapa alasannya:

  • Google Formulir sudah menyediakan format pertanyaan (bentuk soal) baik itu soal pilihan ganda maupun soal essai.
  • Google Form juga sudah menyediakan jawaban otomatis (soal kuis) benar atau tidaknya jawaban yang diisi siswa sehingga guru tak perlu repot memeriksa satu-persatu mana yang benar dan mana yang salah.
  • Guru bisa menentukan skor/poin dalam satu soal/pertanyaan
  • Dalam pembuatan soal, Anda bisa menambahkan gambar atau video
  • Bagaimana dengan huruf arab? bisa juga membuat soal dengan huruf arab
  • Hasil ulangan siswa secara otomatis disimpan dalam format exel melalui spreadsheet google form. Guru tidak usah membuat format hasil nilai baru di exel.
Cara Membuat Soal Ujian/Ulangan Dengan Google Formulir

Ada dua cara untuk masuk ke google formulir. Pertama melalui Google Class Room dan yang kedua melalui Google Drive. Kali ini admin akan menjelaskan cara membuat soal ujian/ulangan dengan google formulir melalui google drive.

1. Buka peramban atau browser di laptop, lalu ketikan alamat https://www.google.com/drive/  . Klik menu Go To Google Drive. Jika anda sudah pernah menggunakan google drive dan akun gmail anda selalu aktif(tidak pernah log out dari laptop), akan langsung masuk ke halaman google drive. 

2. Jika belum pernah menggunakan akan muncul halaman untuk login menggunakan akun gmail. Tulis alamat email di kotak yang tersedia, selanjutnya klik berikutnya. Masukan sandi gmail dengan benar, kemudian klik berikutnya. Atau anda bisa juga masuk melalui notifikasi login melalui ponsel. 


3. Jika email dan password yang dimasukan benar, anda akan masuk ke google drive. Klik tanda (+)

4. Pilih lainnya, google formulir, dokumen kosong.

5. Akan muncul formulir kosong seperti di bawah ini. Ganti tulisan formulir tanpa judul dengan judul ulangan yang kita inginkan. Misalnya Ulangan Akhir Tahun Kelas 5 Tema 6 , atau Ulangan Akhir Tahun IPA Kelas 5. Isi Juga deskripsi untuk menjelaskan judul agar lebih jelas. Atau bisa juga diisi dengan petunjuk pengisian jawaban.

6. Ganti tulisan Pertanyaan Tanpa Judul dengan Nama, untuk jawaban pilih opsi jawaban singkat. Selanjutnya klik simbol copy di sebelah bawah atau tanda (+) di sebelah kanan. Lanjutkan dengan menulis kelas. 

7. Selanjutnya tulis pertanyaan dan opsi jawaban sesuai keinginan. Di sini akan dicontohkan pertanyaan dengan opsi jawaban pilihan ganda untuk memudahkan penilaian.

8. Lanjutkan membuat sejumlah pertanyaan dengan mengklik tombol duplikasi. Kita bisa juga memasukan gambar dengan membawa kursor ke baris pertanyaan. nanti akan muncul ikon untuk memasukan gambar di sebelah kanan pertanyaan.

9. Setelah sejumlah pertanyan telah ditulis, selanjutnya kita akan membuat kunci jawaban. Klik menu Respon di sebelah atas halaman Google Formulir. Lanjut dengan mengklik tanda hijau di sebelah kanan.

9. Muncul jendela tanggapan. Setelah klik menu buat akan muncul halaman baru dengan ekstensi format excel.

10. Kembali ke jendela formulir tanpa judul.  pilih menu ''setelan'' (gambar roda gerigi) lalu pilih kuis dan aktifkan ini sebagai kuis. Disini Anda akan menentukan jawaban yang benar dan membuat skor sehingga secara otomatis akan langsung terlihat jawaban siswa yang benar dan salah. Selanjutnya klik ''simpan''
11. 

Comments :

Post a Comment