Pengumpulan Data Dan cara Membacanya

Matematika Kelas V Pelajaran 4
Statistika

A. Pengumpulan data dan cara membacanya

Mengenal Data 

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), data adalah keterangan yang benar dan nyata. Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya suatu pengolahan. Data dapat berwujud suatu keadaan, gambar, suara, huruf, angka, matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, objek, kejadian ataupun suatu konsep. 

Informasi merupakan hasil pengolahan dari sebuah model, formasi, dan organisasi. Ataupun suatu perubahan bentuk dari data yang memiliki nilai tertentu. Informasi dapat juga digunakan untuk menambah pengetahuan bagi yang menerimanya. Dalam hal ini, data yang dapat dianggap sebagai objek dan informasi adalah suatu subjek yang bermanfaat bagi penerimanya. Informasi juga dapat disebut sebagai hasil pengolahan ataupun pemrosesan data. 

Metode Pengumpulan Data merupakan teknik atau cara yang dilakukan untuk mengumpulkan data. Metode menunjuk suatu cara, sehingga dapat diperlihatkan penggunaannya melalui angket, wawancara, pengamatan, tes, dokumentasi, dan sebagainya.


Data di atas diperoleh secara langsung tentang pengukuran tinggi badan dan berat badan. Data seperti di atas disebut data primer. 

Beni ingin memperoleh data golongan darah teman-temannya. Ia tidak mungkin memeriksa sendiri golongan darah teman-temannya. Data golongan darah semua siswa didapatkan dari buku catatan di ruang Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Beni datang ke ruang UKS untuk mencatat data golongan darah teman-temannya. 

Data golongan darah di atas diperoleh Beni tidak secara langsung. Ia mendapatkan dari UKS. Data seperti di atas disebut data sekunder.

Cara Pengumpulan Data


Untuk mengumpulkan data yang , ada beberapa cara yang bisa digunakan yaitu :

1. Melalui tes.

Berikut contoh data yang diperoleh dari hasil tes, yaitu data nilai ulangan siswa di kelas V.

2. Bertanya Langsung

Misalkan kita akan mengumpulkan data tentang hobi teman-teman di kelas. Maka tehnik pengumpulan datanya bisa dengan cara bertanya langsung.

3. Isian Singkat

Pengumpulan data dengan lembar isian, yaitu dengan cara masing-masing orang yang mengisi lembar isian. Hasilnya kemudian dikumpulkan.

Contoh lembar isian singkat 

Nama   : ________________ 
Alamat   : ________________ 
Tinggi Badan : ________________ 
Berat Badan   : ________________ 
Golongan Darah  : ________________

4. Pencatatan Langsung

Pencatatan langsung biasanya dilakukan berdasarkan pengukuran atau pengamatan. Hasil pengukuran dan pengamatan dicatat. Data tersebut diperoleh dari pencatatan langsung. Beberapa data dapat diperoleh dengan pencatatan langsung, seperti tinggi badan dan berat badan. 

Sebelum melakukan proses pengumpulan data sebaiknya dibuat blangko data. Blangko data berisi tentang semua data yang ingin dikumpulkan. Misalnya mencari data berat badan siswa kelas V, maka untuk pencatatan langsung dapat disiapkan blangko sebagai berikut.

Video Pembelajaran Tenntang Pengumpulan dan Penyajian Data

Tugas :

Lakukan pendataan terhadap teman sekolah di sekitar rumahmu. Tidak harus kelas V saja, boleh kelas 1, II, III, IV, V, VI .  Tanyakan tentang buah-buahan yang disukai dan yang tidak disukai temanmu. Hasilnya masukan ke dalam tabel di bawah ini


Comments :

Post a Comment