Pentingnya Siap Siaga Menghadapi Bencana

Indonesia adalah negara yang termasuk rawan bencana. Bencana yang sering terjadi di Indonesia seperti: banjir, longsor, gempa bumi, gunung meletus, tsunami, angin topan, abrasi dan lain-lain. Bencana yang terjadi bisa murni faktor alam atau bisa juga karena ulah manusia. Yang termasuk bencana karena faktor alam diantaranya adalah: gunung meletus, gempa bumi, tsunami, angin topan. Sedangkan banjir, longsor, abrasi, kebakaran hutan dapat ditimbulkan oleh ulah manusia yang tak bertanggungjawab.
Bencana dapat datang dimana saja dan kapan saja. Jika bencana terjadi, bisa menyebabkan kematian, luka-luka fisik dan psikis, rusaknya bangunan dan jalan, kekurangan pangan, timbulnya  wabah  penyakit dan terhentinya kegiatan ekonomi. Bencana juga bisa menyebabkan orang menjadi stres dan kehilangan semangat untuk hidup.
Sangat penting bagi kita untuk selalu waspada terhadap bencana. Meskipun bencana tidak bisa diketahui datangnya, kita mungkin bisa melihat tanda-tanda yang muncul ketika akan terjadi bencana. Kita juga bisa mencegah bencana yang penyebnya ditimbulkan oleh manusia. Misalnya tidak membuang sampah ke sungai, tidak menebang hutan sembarangan, tidak membuat rumah di lokasi yang rawan bencana dan lain-lain.
Jika tanda-tanda bencana akan terjadi, kesiapsiagaan merupakan hal yang sangat penting. Minta petunjuk kepada orang tua, pemerintah setempat atau orang yang punya pengalaman dalam menghadapi bencana. Jangan menganggap remeh terhadap bencana karena jika kita menganggapnya remeh, maka nyawa adalah taruhannya.

           Ayo Siaga Bencana sebelum bencana menimpa kita. Banyak cara bisa dilakukan misalnya berlatih melakukan penyelamatan diri dari bencana. Membaca buku tentang bencana sehingga kita punya pemahaman tentang bencana itu dan cara untuk menyelamatkan diri. Mencatat nomor-nomor penting seperti Tim SAR, Rumah Sakit atau Polisi untuk melapor bila bencana terjadi.

Comments :

Post a Comment